Lima Amalan Ketika Mendengar Adzan, Apa Saja Itu?

Amalan Ketika Mendengar Adzan
Amalan Ketika Mendengar Adzan | Pojok Islami

RiauOnline.id | Pojok Islami -- Ada amalan ketika mendengar Adzan, amalan tersebut kita lakukan ketika sedang berkumandan suara atau panggila Sholat atau yang kita kenal dengan Adzan.

...Nah,

Bagi seorang Muslim, suara kumandang Adzan sudah diketahui sebagai seruan dan panggilan untuk segerah menunaikan ibadah sholat.

Jadi, ketika mendengar kumandang suara Adzan maka bersegeralah meninggalkan segala aktifitas dan menuju Masjid untuk mendirikan sholat.

...Dalam mendengan suara Adzan, ada lima amalan yang bisa kita lakukan. Lima amalan ini telah disebutkan oleh Ibnul Qayyim sebagai berikut:


Amalan #1: Mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh muadzin.

Amalan #2: Bershalawat pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Allahumma sholli ‘ala Muhammad atau membaca shalawat ibrahimiyyah seperti yang dibaca saat tasyahud.

Amalan #3: Minta pada Allah untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wasilah dan keutamaan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Jabir bin ‘Abdillah:
"Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah"

Amalan #4: Membaca: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa, sebagaimana disebutkan dalam hadits Sa’ad bin Abi Waqqash.

Amalan #5: Memanjatkan doa sesuai yang diinginkan. (Lihat Jalaa-ul Afham hal. 329-331)

Dalil untuk amalan nomor satu sampai dengan tiga disebutkan dalam hadits dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sedangkan ketika Adzan selesai maka kita sebaiknya berdoa:

Allaahumma rabba haadzihid da’watid taammah, wasshalaatil qaa imah, Aati Muhammadanil wassilah .Wal fadhilata Wab'atshu maqaamam'mahmuudalladzii wa’adtah .innaka laa tukhliful mii-aad

Artinya :
Ya Allah, Tuhan Pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah Al-Wasilah (derajat di Surga, yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi dan fadhilah kepada Muhammad. Dan bangkitkan beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji

Post a Comment

Previous Post Next Post